Connect with us

Covid-19

Sembuh Covid-19, Ilmuwan Ungkap IQ Pasien Menurun Drastis

Newstara.com JAKARTA – Sejumlah penelian di Inggris mengungkapkan ratusan pasien yang telah sembuh dari Covid-19, telah terjadi penurunan kecerdasan atau Intelligence Quotients (IQ) hingga mencapai 7 point.

sekedar informasi, IQ adalah kemampuan seseorang untuk menalar, memecahkan masalah, belajar, memahami gagasan, berpikir, dan merencanakan sesuatu. Kecerdasan ini digunakan untuk memecahkan masalah yang melibatkan beberapa logika.

Penelitian paska Covid-19 itu terkait dengan penurunan kecerdasan ‘Substansial’, penelitian itu di khususkan bagi pasien atau orang-orang yang sebelumnya dirawat di rumah sakit dan memakai ventilator.

“Orang yang telah pulih dari Covid-19 lebih mungkin mendapat skor lebih rendah pada tes kecerdasan,” demikian dalam jurnal hasil penelitian itu di umumkan yang di kutip dari laporan Megan Baynes dari news.sky.

Para ilmuwan menguji sekitar kepada 13.000 orang yang terinfeksi virus Covid-19 dan 81.337 orang yang telah sembuh dengan rentang waktu antara Januari hingga Desember tahun 2020 lalu dan di umumkan pada 2021 yang termasuk dalam bagian Program Great British Intelligence Test.

Para ilmuwan yang menulis laporan tersebut melaporkan hasilnya dengan penuh kehati-hatian, dengan melihat beberapa pengendalian penelitian untuk faktor-faktor termasuk usia, jenis kelamin, bahasa pertama dan tingkat pendidikan.

Para peneliti menemukan mereka yang telah tertular Covid-19 melihat kinerja paling buruk pada tugas-tugas yang membutuhkan penalaran, perencanaan, dan pemecahan masalah dibandingkan dengan mereka yang belum terpapar virus.

“Hasil ini sesuai dengan laporan Covid panjang, di mana ‘kabut otak’, ada kesulitan berkonsentrasi, dan kesulitan menemukan kata-kata yang benar adalah hal biasa untuk mereka,” tutur Megan Baynes mengutip isi jurnal penelitian tersebut. (***)

Sumber : https://news.sky.com/story/covid-19-linked-to-substantial-drop-in-intelligence-new-research-finds-12364433

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Covid-19