Connect with us

Covid-19

Seminggu Terakhir, 3 Pasien Bertambah Dan Total 50 Orang Positif Covid-19 Tarakan

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes melaporkan adanya penambahan pasien positif Covid-19 pada hari Minggu siang, (21/06/2020) bertambah 1 orang sehingga jumlah akumulasi pasien sebanyak 50 orang positif. Dari jumlah itu, pasien positif yang masih dalam perawatan sebanyak 10 orang di RSU Kota Tarakan dan jumlah pasien sembuh sebanyak 40 orang.

Sementara, tambahan 1 orang pasien positif saat ini berasal dari Tuna Sosial shelter Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan yang berasal dari Thallo Sulawesi Selatan, yakni inisial SR (P) usia 23 tahun, sebelumnya pasien akan bertolak ke tempat asalnya dan dilakukan pemeriksaan rapid test dan didapatkan reaktif, dan dilanjutkan dengan Sweb dan dinyatakan positif Covid-19.

“Ada 4 orang di Shelter Dinsos saat ini, dan kita lakukan treacing dan test pada senin besok, dan mereka sudah diamankan bahkan kita lakukan pemeriksaan Sweb besok, shelter Dinsos ini mereka tidak punya tempat tinggal jadi ditampung, nah karena mau balik kampung maka dilakukan prosesnya,” tutur dr Devi.

Pada hari sebelumnya juga terdapat tambahan 2 orang pasien positif, yang berasal dari ABK kapal yang sandar pada tanggal 16 Juni 2020, dilakukan pemeriksaan Sweb test pada tanggal 18 dan 19 Juni 2020 dan hasilnya adalah positif Covid-19, pasien saat ini sudah berada dalam perawatan di RSU Kota Tarakan.

Selain itu, dilaporkan juga jumlah seluruh ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang sedang dipantau sebanyak 292 orang, jumlah seluruh OTG (Orang Tanpa Gejala) yang sedang dipantau sebanyak 33 orang.

“OTG adalah orang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan¬†kasus konfirmasi postif COVID-19, tidak ada PDP dan jumlah kumulatif konfirmasi positif 50 orang,” ucapnya.

“Kepada masyarakat Tarakan agar terus memberikan dukungan moral terhadap pasien ataupun keluarga ODP, OTG, PDP dan positif Covid-19. Mari kita bantu mereka semampu kita. Kami sampaikan juga seluruh masyarakat yang ada di Kota Tarakan agar wajib mematuhi segala ketentuan pemberlakuan PSBB dan secara konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan mengadaptasi kebiasaan baru,” tutupnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Covid-19