Connect with us

Parlemen

Sering Mutasi Pejabat, Pemkot Tarakan Disorot Komisi I DPRD

Anggota Komisi I DPRD Tarakan, Markus Minggu. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Anggota Komisi I DPRD Tarakan kabarnya akan memanggil Pemerintah Kota Tarakan yang terus melakukan mutasi pejabat pemerintahan pada selang waktu singkat, karena dikhawatirkan akan berdampak pada kelambanan kinerja pejabat terkait karena kerap berubah fokus kerja. Ditambah diakui tidak adanya kordinasi yang baik antara Pemerintah dan DPRD Tarakan.

“Kami kaget kok ada mutasi di lingkungan Pemkot di awal tahun. Ini menjadi pertanyaan, kok tiba-tiba ada mutasi. Kemudian mutasinya kok terlihat pejabat yang tidak sesuai dengan porsi, kompetensi dan jarak waktu mutasinya sangat singkat,” tutur Anggota Komisi I DPRD Tarakan, Markus Minggu pada Minggu sore, (17/01/2021) di Tarakan.

Politisi PDI-Perjuangan itu menduga akan terjadi pola kinerja Pemerintahan yang tidak maksimal, karena di tempat yang baru maka si pejabat tersebut akan menyesuaikan lingkungan kerja hingga job description baru pula.

“Baru saja menjabat di salah satu instansi, sudah dimutasi lagi ke instansi selanjutnya. Kasian pejabatnya, harus belajar lagi dengan kerjaan yang baru. Belum tentu kerjaan sebelumnya sudah berjalan atau selesai. Kinerja akan jadi kaku kalau begini”, tuturnya kepada Newstara.com.

“Harusnya Pemerintah berkoordinasi dengan DPRD Tarakan karena ini menyangkut Pemerintahan. Selama ini Pemkot tidak ada koordinasi dengan DPRD, padahal sangat perlu aspirasi masyarakat kami sampaikan terkait kinerja pemerintah. Kami di Komisi I akan memanggil Pemkot mengenai mutasi ini, apa yang menjadi penyebab. Apakah mutasi ini memang menjadi kebutuhan utama ?,” sambungnya.

Markus menegaskan mutasi harus berjalan dengan prosedur dan berorientasi pada kompetensi dan arah pembangunan kedepan serta harus dievaluasi mengenai mutasi pejabat di lingkungan Pemkot. dan tidak dijadikan mutasi sebagai ajang berbagi jabatan.

“Atau mungkin ada perhatian khusus kah pada timses,” tutupnya.

Reporter : Kristianto Triwibowo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement


More in Parlemen