Connect with us

Kaltara

Sosialisasi 4 Pilar Mampu Mengeratkan Dan Memperkokoh Keutuhan Bangsa

Hasan Saleh, saat Sosialisasi 4 Pilar dalam Mengeratkan Dan Menperkokoh Keutuhan Bangsa. (Ft Dok)

Newstara.com TARAKAN – Anggota MPR RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Kalimantan Utara (Kaltara), Hasan Saleh menggelar sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara di Kelurahan Karanganyar Pantai, Kota Tarakan pada Minggu lalu, (08/04/2021).

Dalam kesempatan itu, Hasan Saleh mengatakan pemahaman tentang empat pilar berbangsa dan bernegara meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sangat penting diberikan, sehingga pemahaman tersebut harus terus di sosialisasikan.

“Nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila hasus senantiasa hidup ditengah masyarakat. Nilai-nilai ini jangan sampai pudar. Sebagai warga Negara yang baik kita harus terus berupaya berkontribusi dalam penguatan pilar-pilar nilai leluhur bangsa,” ucapnya.

Menurut Hasan Saleh, kondisi bangsa saat ini yang tergerus zaman harus menjadi perhatian semua pihak. Dengan dilakukan penyegaran dan penguatan dalam konteks bernegara, khususnya terkait nilai-nilai kebangsaan yang mengalami degradasi. Empat pilar berbangsa dan bernegara ini sangat penting untuk menanamkan rasa Nasionalisme kepada para pemuda dan masyarakat. Serta perlu di implementasikan dalam kehidupan sehai-hari.

“Pemuda dan masyarakat menjadi ujung tombak kemajuan bangsa serta tidak boleh putus rasa Nasionalismenya. Nilai-nilai kebangsaan perlu ditanamkan sejak dini, guna membentengi diri dari arus globalisasi yang menyerang pada moral dan karakter,” ucapnya lagi.

Melalui sosialisasi tersebut setidaknya dapat memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini serta mampu merekatkan dan memperkokoh keutuhan bangsa. Ini juga merupakan upaya untuk mencegah berbagai konflik yang cenderung terjadi di beberapa daerah di Indonesia yang dapat memecah persatuan dan kesatuan.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan serta penerapan 5M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi Mobilitas/Interaksi) selama masa pandemi covid-19 ini, guna saling menjaga satu sama lain agar terhindar dari penularan virus ini.

“Kita berdoa semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu dan kita bisa Kembali beraktifitas dengan normal,” tutup Hasan Saleh. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Kaltara