Connect with us

Kaltara

Sukses, Rombongan Pemuda Banjar Kaltara Hadiri Haul Abah Sekumpul Martapura

Newstara.com BANJARMASIN – Sejumlah Rombongan dari Pimpinan Pusat Ikatan Pemuda Bubuhan Banjar (PP-IPBB) sejak Minggu sore, (22/01/2023) sudah tiba di Martapura, Banjarmasin Kalimantan Selatan, untuk menghadiri Haul Akbar Abah Guru Sekumpul, yang dilaksanakan pada Kamis, (26/01/2023) di rumah Jabatan Gubernur Kalsel, H. Sabirin di Jalan Kertak Baru Kampung Kramat, Martapura Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, rombongan juga berziarah ke makam-makam Waliyullah seperti di komplek Kalampaiyan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan lain-lain, lalu berkunjung ke Makam Guru Abah Sekumpul dan Sultan Suriansyah di desa Basirih Banjarmasin. Bahkan, rombongan juga diberi kesempatan untuk bersilaturahmi kekediaman Wali Muing di Pagar Dalam.

“Alhamdulillah, ini bagi saya dan rombongan sangat berkesan dan sangat bersyukur dapat bersilaturahmi ke bubuhan Banjar di Kalsel, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kesempatan lagi untuk tahun depan, dan InsaAllah akan kita agendakan masuk dalam Wisata Religi IPBB,” tutur Yoko Handani, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pemuda Bubuhan Banjar pada Kamis pagi, (26/01/2023) di lokasi Haul Abah Sekumpul ke-18 Rujab Gubernur Kalsel.

“Kami sampai di Banjarmasin di sambut dengan guyuran hujan yang cukup lebat, namun tidak menyurutkan niat kami untuk melaksanakan niatan berziarah ke makam para walinya Allah karena bagi kami ini sebuah berkah, Alhamdulillah. Semoga Allah SWT memberikan kebaikan untuk kami semuanya,” sambungnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal PP-IPBB Normansyah yang turut mendampingi juga merasakan hal yang sama, bahkan kesempatan menghadiri Haul Abah Sekumpul ini menjadi titik balik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mencintai para wali-wali Allah di Banjarmasin.

“Sesuai arahan pak Ketua, insaAllah akan kita agendakan wisata religi ini di tahun depan, kali ini kita hanya beberapa orang saja, hanya membawa dua kendaraan roda empat saja,” ujar Normansyah.

“Mudah-mudahan tahun depan anggota IPBB lainnya bisa ikut hadir, minimal 5 hingga 10 persen lah yang ikut, jadi bisa puluhan mobil ber-iringan, atau sekalian kita sewa mobil Bus,” sambungnya.

Senada, Bunda Rina sebagai penunjuk jalan rombongan mengatakan Haul Abah Sekumpul yang dilaksanakan setiap tahunnya, selalu di penuhi oleh jamaah dari berbagai daerah, baik dari pulau Kalimantan, Sulawesi, Jawa bahkan dari luar negeri.

Sehingga Haul Abah Sekumpul ke-18 tahun ini, dipastikan akan sangat ramai karena sudah 3 tahun berturut-turut panitia tidak melaksanakan Haul Akbar karena kondisi Covid-19 melanda negeri.

“InsaAllah tahun ini Haul Abah Sekumpul ke-18 pasti ramai, karena memang 3 tahun sempat di tutup untuk umum, jadi jamaah dari daerah lain, sudah sangat rindu dengan pelaksanaan Haul ini lah,” ucapnya.

Bunda Rina yang hampir setiap tahunnya bersilaturahmi ke Banjarmasin Kalsel sejak tahun 2006 silam, melihat berbagai perubahan-perubahan. Bahkan, yang dahulunya jalur trans Kalimantan hanya berupa agregat, hingga menjadi jalan yang mulus dan bahkan kembali lagi menjadi jalan yang rusak.

“Kami mengambil jalur dari Tarakan naik Feri ke Sebawang KTT, lalu menuju Berau dan nginap semalam dulu, lalu pada ke esokan harinya baru menembus jalur poros Wahau, disini jalannya kurang begitu bagus hingga sampai ke jalan poros Sangatta Bontang, kami berharap Pemerintah Provinsi Kaltim segera dapat memperbaiki dan memperbagus jalur trans Kalimantan, karena sangat membahayakan para pengguna jalan,” tutur Bunda Rina.

Sekedar informasi, Jalur Trans dari Sebawang ke Jelarai masih cukup bagus, lepas dari Jelaray menuju Berau terlihat jalan yang sedikit rusak, lalu memasuki wilayah Poros Wahau, Sangatta Bontang, jalannya cukup menghawatirkan. Namun, ada sebagian jalan yang baru saja di perbaiki dengan aspal hotmik. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kaltara