Connect with us

Ekonomi

Tahun 2020, Ombudsman Kaltara Tangani Bansos Covid-19 Sebagai Aduan Terbanyak 

Newstara.com TARAKAN – Posko Pengaduan Daring Covid-19 yang diselenggarakan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Utara menerima pengaduan masyarakat terbanyak yakni soal Bantuan Sosial dan disusul akhir soal transportasi.

Sejak bulan April tahun 2020, Ombudsman RI telah mengeluarkan kebijakan melalui Surat Edaran Ombudsman RI No.23 Tahun 2020 tentang Tim Posko Pengaduan Daring Covid-19 Bagi Masyarakat yang Terdampak Covid-19.

Ombudsman RI Perwakilan Kaltara akui pihaknya menindaklanjuti kebijakan tersebut dan menerima beberapa substansi pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik diantaranya bantuan sosial, pelayanan kesehatan, transportasi dan keamanan.

“Selama 2020 kami membuka posko daring mulai April hingga Juli. Masyarakat sangat terbuka untuk melaporkan berbagai keluhan pelayanan publik mereka secara daring kepada kami melalui WhatsApp, Instagram, email dan telepon”, terang Kepala Ombudsman RI perwakilan Kalimantan Utara Ibramsyah Amirudin melalui Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan, Bakuh Dwi Tanjung.

Ombudsman Kaltara menerima pengaduan masyarakat yang berkaitan dengan Covid-19 kemudian  menindaklanjutinya hingga berkoordinasi dengan instansi yang bersangkutan.

“Pengaduan masyarakat yang terbanyak itu ada pada bantuan sosial, yakni 10 laporan. Kemudian diikuti pelayanan kesehatan 4 dan transportasi 2 laporan”, sambungnya kepada Newstara.com saat ditemui di Kantor.

Berbagai pengaduan tersebut ditindaklanjuti ke instansi yang berwenang kemudian diminta keterangan dan langkah lanjutan sesuai aturan.

Bakuh menyampaikan pengaduan tersebut berasal dari Kabupaten/Kota hingga pelosok desa di Kaltara.

“Jadi ada pengaduan tentang tingginya biaya Rapid Test, kemudian soal keluar masuk pengantaran barang (Sembako) yang selalu ditahan petugas dan layak atau tidak layaknya menerima bansos termasuk ada laporan masyarakat yang harusnya layak menerima bansos tapi tidak diberikan”, ungkap Bakuh.

Pihaknya juga akan fokus mengawasi dan menerima pengaduan masyarakat mengenai bansos dan vaksin yang akan disalurkan pada masyarakat Kaltara.

Reporter : Kristianto Triwibowo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement


More in Ekonomi