Connect with us

Bulungan

Tertinggi Positif 37 Orang, Bulungan Besok Rapat Cari Skema Selain PSBB

Ilustrasi. (Ft. Dok)

Newstara.com BULUNGAN – Pasien positif Virus Corona Disease (Covid-19) di Kabupaten Bulungan jumlahnya sudah cukup memprihatinkan, yakni berjumlah 37 orang yang sudah masuk dalam isolasi di rumah sakit Tanjung Selor. Dengan jumlah 37 orang positif, Bulungan menjadi daerah tertinggi di Kalimantan Utara. Posisi kedua adalah Nunukan 36 orang, Tarakan 32 orang, Malinau 21 orang dan Tana Tidung 0 orang.

Alhasil, seluruh jajaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bulungan akan menggelar rapat yang dipimpin oleh BUpati Bulungan Sudjati. rencananya, untuk menekan penyebaran dan penularan Covid-19, maka akan dicari solusi skema yang tepat untuk wilayah yang luas di Kabupaten Bulungan.

“Iya mas, besok kita rapat dipimpin sama Bupati, dan mungkin kita akan membahas terkait skema untuk menekan penyebaran Covid-19 ini, namun kita akan mencoba dulu dengan skema yang lain selain PSBB (Pembatasan Social Berskala Besar, red) karena setiap wilayah berbeda, baik dari geografis Nunukan ini besar,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Bulungan dr Imam Sujono kepada Newstara.com pada Minggu malam, (03/05/2020).

Namun, selama ini tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang terdiri dari TNI-Polri serta Satpol PP Bulungan sudah cukup intens melakukan pembatasan social. Seperti sekolah yang sudah diliburkan, tempat hiburan/Cafe dan restauran yang sudah diliburkan. Hingga, dibuat sejumlah pos-pos masuk di perbatasan wilayah Berau, Tarakan, KTT-Malinau.

“Bahkan dari tim Dinas Sosial Bulungan mengalokasikan sembako kepada keluarga-keluarga terdampak dan masyarakat yang butuh bantuan, kita juga sudah membentuk 74 Gugus Tugas Covid-19 ranting di desa-desa, pemberlakukan jam malam dan lainnya, hanya saja mungkin selain PSBB kita coba carikan skema yang lain,” ujarnya.

“Selain itu, kita juga cukup instens untuk memaksimalklan pengejaran kontak erat dengan klaster GKII maupun orang yang pulang dari luar daerah dan memang angka ini kita tidak kaget karena sudah sesuai prediksi kami terhadap hasil treacing dan penelusuran kontak erat pasien,” tutupnya.

Reporter: Abd Syukur

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bulungan