Connect with us

Pilkada Kaltara

Tokoh Pemuda Buka-bukaan Proker ZIYAP Soal Lapangan Kerja

Newstara.com JAKARTA – Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara periode 2021-2024 Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum dan Dr. Yansen TP, M.Si (ZIYAP) sepertinya mempunyai program kerja (Proker) yang lebih matang ketimbang pasangan lain dalam membuka lapangan kerja di Provinsin Kaltara.

Eks Ketua DPW PAN Kaltara, Asnawi Arbain, M.Hum mengatakan sebelum dirinya menjatuhkan pilihan kepada ZIYAP untuk memimpin Kaltara, juga telah berdiskusi kepada Guru dan Ustadz nya tentang arah politik mantan Ketua Komisi IV DPRD Kaltara tersebut. Dan sang guru berpesan, bahwa telaah dan melihat dahulu program kerja dan visi misi yang dibawa oleh paslon tersebut.

“Alhasil, setelah melalui pertimbangan yang matang maka paslon ZIYAP lah yang paling siap mensejahterakan masyarakat, seperti menghargai orang yang lebih tua, harmonisasi dalam budaya dan tatanan sosial, hingga program membuka lapangan kerja,” ujar politisi tersebut kepada Newstara.com pada Selasa pagi, (17/11/2020) melalui selulernya.

Bisa dikatakan, Asnawi Arbain sudah kecantol dengan proker lapangan kerja ZIYAP, dimana upaya peningkatan ekonomi dimulai dari Desa menuju Kota atau membangun Desa Menata Kota. Sehingga, sinkronisasi menjadikan pedesaan maju dari potensi pengembangannya ekonominya hingga  menciptakan lapangan kerja di desa dan di kota.

“Tidak ada paslon yang punya proker hingga visi misi membangun desa menata kota, kecuali ZIYAP yang berani menyebutkan secara spesifik apa yang mau mereka lakukan, kita butuh pemimpin yang smart, dekat dengan masyarakat dan bekerja pro rakyat, semua kriteria itu saya temui pada pasangan ZIYAP,” ucap Asnawi kepada Newstara.com

Sementara, Eks Wakil Bendahara Yoko Handani yang saat ini sudah bergabung bersama Partai Gelora Kaltara dan memegang amanah sebagai Sekretaris Umum DPW Gelora Kaltara meyakinkan bahwa ZIYAP membuka lapangan kerja dengan tiga program, yakni menyiapkan tenaga terampil siap kerja dalam program Balai Latihan Kerja (BLK), menstimulasi permodalan UMKM Koperasi dan Meningkatkan Investasi pada sektor sumber daya alam yang bisa diperbaharui (renewable resources,red).

“Saya kira ini jelas 3 Program andalan ZIYAP menciptakan lapangan kerja untuk mensejahteraan masyarakat, karena saat diberikan amanah memimpin Kaltara pada 9 Desember 2020 mendatang, maka persoalan utamanya ya disini, tidak jauh dari ekonomi dan lapangan kerja, ” ujar Yoko Handani kepada Newstara.com pada Selasa pagi, (17/11/2020) di Jakarta.

“Coba anda bayangkan, setiap tahun usia produktif yang telah lulus sekolah baik SMA sederajat hingga S1 jumlahnya bisa ribuan, ribuan tenaga produktif ini harus diapakan, tentu harus terserap dunia kerja, sementara mengandalkan penerimaan CPNS dan swasta tidak akan mencukupi. Maka ZIYAP memberikan 3 peluang tersebut yang akan disinkronkan dengan program lainnya seperti membangun desa menata kota,” sambung Yoko.

Yoko mengatakan mengaktifkan BLK membuat tenaga kerja lebih terampil, dimana disediakan dan disiapkan sejumlah pelatihan seperti menjahit, Las, Bengkel, Komputer, IT, Salon, hingga pelatihan bahasa dan lainnya. Program selanjutnya adalah memberikan permodalan kepada UMKM dan Koperasi, baik melalui KUR, APBD, APBN, atau melalui perbankan dengan bunga rendah dan meminimalisir persyaratan serta membuka pasar penjualan skala lokal dan nasional.

Program ketiga adalah memaksimalkan investasi di sektor renewable resources yakni pada sektor perkebunan, pertanian, pertambakan, peternakan yang tidak merusak alam bahkan mampu menciptakan lapangan kerja terampil, sehingga dampak atau multiefeknya menaikkan pendapatan perkapita dan pada ujung-ujungnya adalah menaikkan PAD daerah.

“Nah semua program ini, tidak akan berjalan maksimal tanpa sinkronisasi bersama 5 daerah di Kaltara, maka untuk itulah Kabupaten dan Kota menjadi pilar Provinsi, dan ZIYAP sudah sangat rinci memikirkan apa yang harus di lakukan dalam usia pemerintahan nya nanti, dan saya kira ini tidak dipikirkan sama paslon lainnya,” ucapnya.

“Kalau mau buka-bukaan, maka akan lebih banyak lagi hal positif yang dimiliki ZIYAP yang bukan hanya sekedar janji, tapi formula atau rumusnya sudah disiapkan, nanti anda akan tahu sendiri jika paslon ZIYAP terpilih dan memimpin Kaltara kedepannya,” tutup Yoko Handani.

 

Reporter : Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Pilkada Kaltara