Connect with us

Pilkada

Total Vote 12518 Suara, Ini Daftar 10 Besar Polling Newstara Pilkada Kaltara

Newstara.com TARAKAN – Memasuki satu bulan sejak diluncurkan jajak pendapat (Polling) Newstara kandidat Pilkada Kaltara dengan tema “Siapa Calon Kepala Daerah Prov. Kaltara 2020-2025 Pilihan Anda?”. Perolehan sementara dengan total votes mencapai 1.2518 suara terlihat bergeser, bahkan petahana H. Irianto Lambrie yang sempat unggul selama 3 minggu berturut-turut kini harus turun dan digantikan dengan mencuatnya nama Marthin Billa.

Anggota DPD RI aktif daerah pemilihan (Dapil) Kaltara ini mendapat perolehan suara sebesar 14 persen atau sekitar 1.718 suara, kenaikan suaranya cukup drastis karena sebelumnya hanya mampu bertengger di posisi 3 atau 4 besar. Namun, kali ini Marthin Billa melaju cukup kencang meninggalkan para pesaingnya yang lain.

Posisi kedua muncul nama Jusuf Serang Kasim (JSK) yang berada di posisi kedua, dengan perolehan sekitar 12 persen atau sekitar 1,497 Votes. Sebelumnya pada pekan lalu, mantan Walikota Tarakan ini hanya mampu berada diposisi lima.

“Pak JSK saya lihat pelan tapi pasti mulai bergerak, namun kita lihat beberapa isu yang sempat muncul terkait baliho yang menyebut ‘Bapak Inspirator Kaltara’ dan sempat diprotes para netizen dan viral di media sosial justru berbanding terbalik dengan naiknya popularitasnya dikalangan penguna internet,” ucap CEO Newstara.com Yoko Handani pada Selasa malam, (29/10/2019) di Tarakan.

Posisi ketiga adalah Wakil Gubernur Kaltara aktif H. Udin Hianggio dengan perolehan 10 persen atau sekitar 1,310 Votes. Angka kenaikannya sebenarnya cukup signifikan, namun pada minggu ini harus puas berada diposisi ketiga.

Selanjutnya, Ahmad Kartadi dengan perolehan 10 persen atau sekitar 1,210 Votes dimana sebelumnya kader Muhammadiyyah ini berada diposisi enam besar. Namun, kali ini naik dua tingkat yakni berada diposisi keempat.

Posisi kelima adalah petahana Gubernur Kaltara H. Irianto Lambrie dengan perolehan suara sekitar 8 persen atau sekitar 998 Votes. Suara petahana tidak terlalu banyak mengangat, sehingga tertinggal cukup jauh dibelakang para penantangnya.

Mantan Bupati Enrekang dua periode La Tinro La Tunrung harus puas berada diposisi keenam dengan perolehan suara sementara sebesar 6 persen atau sekitar 810 Votes. Namun, dengan angka tersebut H Latinro Latunrung masih tergolong balon yang cukup diperhitungkan, apalagi kader Partai Gerindra ini hanya silaturahmi sehari di Kota Tarakan.

“Kita ketahui di media memberitakan pak H. Latinro datang ke Tarakan, hanya satu hari tapi beliau sudah masuk dan bertahan diposisi enam besar, lalu bagaimana jika beliau dan timnya serius dan roadshow di Kaltara, saya kira ini salah satu penantang petahana yang harus diperhitungkan,” tutur Yoko Handani.

Posisi ketujuh ditempati oleh Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) aktif dua periode yakni H. Undunsyah yang ternyata masih bertahan dengan perolehan 6 persen atau sekitar 789 Votes.

Pendatang baru dari birokrasi menuju panggung politik yakni M. Yunus Abbas yang memperoleh persentase suara sebesar 5 persen atau sekitar 623 Votes yang berada diposisi ke delapan. Dan posisi ke sembilan adalah dr Ary Yusnita dengan perolehan suara sekitar 5 persen atau sekitar 613 suara.

“Pak Yunus Abbas bertahan di posisi delapan besar, dan untuk bu Ary Yusnita saya kira posisinya turun ini sekarang menjadi sembilan besar,” ucapnya.

Dan untuk posisi terakhir adalah Ketua DPD Partai Gerindra Kaltara Ibnu Saud, yang sebelumnya dalam 3 pekan terakhir masih berada di kisaran 20 besar dalam polling Newstara. Namun, kali ini popularitasnya beranjak naik dan berhasil masuk 10 besar.

Daftar 10 Besar Kandidat Pilkada Kaltara Polling Newstara.com :

1. Marthin Billa (14%, 1,718 Votes)
2. Jusuf Serang Kasim (12%, 1,497 Votes)
3. Udin Hianggio (10%, 1,310 Votes)
4. Ahmad Kartadi (10%, 1,210 Votes)
5. Irianto Lambrie (8%, 998 Votes)
6. La Tinro La Tunrung (6%, 810 Votes)
7. Undunsyah (6%, 789 Votes)
8. M. Yunus Abbas (5%, 623 Votes)
9. Ary Yusnita (5%, 613 Votes)
10.Ibnu Saud (3%, 411 Votes)

Sekedar informasi, Polling Newstara.com merupakan sebuah jajak pendapat online yang dikeluarkan oleh Redaksi Newstara untuk melihat popularitas masing-masing calon. Dimana naik-turunnya posisi para kandidat ditentukan pada banyaknya pemilih pengguna internet.

“Bagi masyarakat Kaltara, kami persilahkan untuk memilih calonnya, dengan meng-click nama salah satu kandidat lalu click lagi vote dibawahnya, nanti akan terlihat hasil sementara. Kami juga menyediakan voucher menarik bagi yang memberikan votes nya, berupa voucher ngopi bareng di Alegori Cafe, Karaoke gratis di Mr Fuji Karaoke, perawatan rambut di Nazla Spa Salon,” tutup Yoko Handani.

Reporter: Adityo MS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pilkada