Connect with us

Pilkada Kaltara

Total Voters 17.798, Suara H. Udin Hianggio Posisi Puncak

Wakil Gubernur Kaltara H. Udin Hianggio. (Ft. Dok Humas Pemprov Kaltara)

Newstara.com TARAKAN – Wakil Gubernur Kaltara aktif H. Udin Hianggio mendapat persentase poling sebesar 14 persen atau sekitar 2,493 suara dari total responden sebanyak 17.798 suara. Alhasil, mantan Walikota Tarakan ini menduduki posisi puncak pada minggu pertama di bulan November 2019. Sebelumnya, posisinya berada di urutan ketiga dengan perolehan persentase 10 persen atau sekitar 1,310 suara.

Sepekan lalu, H. Udin Hianggio sempat melemparkan pernyataan bahwa dirinya sudah mengantongi tiga calon pendamping dalam Pilkada Kaltara untuk periode 2020-2025, mereka antara lain berinisial I, U dan Y. Ini membuat kontestasi politik di Kaltara semakin menarik, dan H Udin Hianggio mendapat perhatian tambahan seribu lebih responden dari dunia maya.

Posisi kedua adalah Gubernur Kaltara aktif H. Irianto Lambrie dengan perolehan persentase 11 persen atau sekitar 1,955 suara. Petahana memiliki pemilih militan dan bertahan masuk dalam jajaran Poling Pilkada Newstara dengan jumlah responden terbanyak berasal dari Kabupaten Nunukan, Bulungan dan Tarakan.

Lalu, posisi ketiga dalam polling adalah anggota DPD RI aktif Marthin Billa dengan persentase perolehan sebesar 10 persen atau sekitar 1,718 suara. Walaupun, putera daerah ini belum menyatakan maju dalam bursa kontestasi politik Pilkada Kaltara, namun cukup nyata terlihat memiliki pemilih militan yang masih bertahan.

“Baik pak Haji Udin, pak Haji Irianto dan pak Marthin Billa, kita lihat beliau adalah tokoh-tokoh besar di Kaltara, punya peranan penting di Eksekutif dan Legislatif saat ini, mereka memiliki pemilih yang bertahan dan militan,” tutur CEO Newstara.com Yoko Handani pada Rabu pagi, (06/11/2019) di Tarakan.

Posisi keempat adalah mantan Walikota Tarakan dua periode yakni dr. Jusuf Serang Kasim (JSK) dengan persentase 10 persen atau sekitar 1,697 suara. JSK turun setelah sebelumnya berada di posisi kedua dengan persentase 12 persen atau sekitar 1,497 suara responden.

Sementara, posisi kelima adalah Bupati Kabupaten Malinau aktif yakni Dr. Yansen TP, dimana sebelumnya Bupati dua periode ini bahkan tidak masuk dalam 10 besar dalam Polling Pilkada Newstara.com namun kini pemilih responden yang terbanyak berada di Kabupaten Malinau dan Bulungan serta Tarakan ini langsung naik pada posisi 5 besar.

Sekedar informasi, Polling Pilkada Newstara.com adalah salah satu media poling dunia maya dan terlihat pemilih pada minggu pertama bulan November 2019 ini sudah mencapai 17.798 suara. Dan dipastikan perolehan suara masing-masing kandidat akan terus berubah setiap minggunya, tergantung pada para responden yang akan meng-clik balon Pilkada yang dianggap mampu memimpin Kaltara kedepan.

Tema yang diusung Newstara.com adalah Siapa Calon Kepala Daerah Prov. Kaltara 2020-2025 Pilihan Anda? dan untuk mengikuti polling tersebut, setiap responden dapat meng-click Newstara.com di smartphone atau komputernya, dan memilih salah satu kandidat lalu click Vote dibawah daftar nama-nama kandidat. Bagi responden beruntung, akan mendapatkan voucer menarik ngopi bareng di Alegori Cafe, voucher karaoke gratis di Mr. Fuji dan perawatan tubuh di Nazla Spa.

Ini 10 Besar Kandidat Paling Populer versi Newstara.com :

1. Udin Hianggio (14%, 2,493 Votes)
2. Irianto Lambrie (11%, 1,955 Votes)
3. Marthin Billa (10%, 1,718 Votes)
4. Jusuf Serang Kasim (10%, 1,697 Votes)
5. Yansen TP (8%, 1,450 Votes)
6. La Tinro La Tunrung (7%, 1,211 Votes)
7. Ahmad Kartadi (7%, 1,210 Votes)
8. M. Yunus Abbas (6%, 1,128 Votes)
9. Undunsyah (6%, 1,096 Votes)
10. Ary Yusnita (4%, 713 Votes)

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Pilkada Kaltara