Connect with us

Tarakan

Webinar Literasi Digital : Masyarakat Melek Informasi Dan Keterampilan Digital

Newstara.com TARAKAN – Webinar Literasi Digital dalam program “Indonesia Makin Cakap Digital” yang diselenggarakan pada Senin pagi pukul 09.00 WITe, (21/06/2021) secara virtual, yang mengangkat tema “Pentingnya Memiliki Digital Skills Di Masa Pandemi Covid-19”. Webinar tersebut diselenggarakan di sejumlah Kabupaten/Kota di Indonesia dan kali ini di realisasikan di Kota Tarakan dengan menghadirkan narasumber Andrie Aristyanto Putra, S.Pd, Junjungan Manggalacakti, Chusnul Fhatanah, SE, MM, Adinda Frisca Anugerah Puteri, SH, M.Kn dan Reza Rahmanto sebagai Host.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 600 peserta secara online ini merupakan bagian dari Program Literasi Digital Nasional: Indonesia Makin Cakap Digital, yang telah dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 20 Mei 2021 lalu. Masing-masing narasumber menyampaikan materi dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

“Masyarakat dapat terus memperoleh berbagai informasi dari berbagai sumber dan informasi, namun tetap harus memahami informasi itu benar atau hoax,” tutur Andrie Aristyanto Putra yang membawakan tema Tips Mengenali Berita Palsu dan Verifikasi.

Sedangkan Chusnul Fhatanah yang membawakan tema “Peran dan Fungsi E-Market Dalam Mendukung Produk Lokal” mengingatkan bahwa betapa pentingnya ketrampilan digital (digital skills) di tengah – tengah pandemic Covid-19.

“Sangat penting bagi Masyarakat kita untuk memiliki keterampilan digital, apalagi sekarang kita sepertinya harus tetap jaga jarak saat bertemu, sehingga sangat dibutuhkan keterampilan digital dalam era saat ini,” ucapnya.

Sekedar informasi, Webinar Literasi Digital : Indonesia Makin Cakap Digital ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) selama periode Mei hingga Desember 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, agar masyarakat makin cakap digital dalam memanfaatkan internet demi menunjang kemajuan bangsa.

Masyarakat dapat terus memperoleh berbagai materi pelatihan literasi digital di akun media sosial @siberkreasi. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Tarakan