Connect with us

Pilkada Kaltara

Yansen TP : Kaltara Rumah Kita Adalah Hakikat Budaya Bangsa

Newstara.com TARAKAN – Dr. Yansen TP, M.Si, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) nomor urut 3 sering melontarkan kata “Budaya Membangun Bangsa”. Kata tersebut memiliki makna yang mendalam sebagai bukti keberagamannya masyarakat Indonesia.

Karena itu, ia bersama Calon Gubernur (Cagub) Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum punya tagline “Kaltara Rumah Kita” yang berarti Kaltara seperti Indonesia mini yang dihuni oleh beragam suku, agama dan latar belakang.

“Kaltara Rumah Kita mengandung makna filosofis masyarakat bangsa yang memiliki keberagaman suku bangsa dan budaya. Itu kan makna filosofisnya”, ucap Yansen, saat diwawancarai usai menerima deklarasi dukungan dari para tokoh Jawa yang berdomisili di Tarakan beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, lanjut Yansen, kalau bicara tentang membangun, maka yang pertama harus dibangun itu manusianya. Sebab manusia hakikatnya adalah budayanya, kearifan lokalnya dan sebagainya.

“Nah kalau kita bicara membangun, otomatis yang terbangun itu adalah budayanya. Nah kalau kita bicara tentang Indonesia, Indonesia kan sebuah masyarakat bangsa yang berbeda dengan bangsa-bangsa yang lain. Artinya kan ada budaya bangsa Indonesia”, terangnya.

Karena itu, Bupati Malinau dua periode ini, jika bicara Indonesia yang beraneka ragam tanpa bicara tentang budaya, maka itu pasti tidak akan berhasil. Kalau bicara tentang membangun Indonesia, maka harus bicara tentang budaya. Seperti budaya Jawa, Bugis, Batak, Dayak, Tidung, Bulungan, Papua dan sebagainya.

“Kenapa kita bicara mereka Bali, karena ada budaya Bali, kenapa kita bicara Jawa, karena ada budaya Jawa. Nah untuk mengenalnya, kenali bahasanya bahasa Jawa dan budayanya budaya Jawa”, sambung pria ramah senyum yang selalu mengangkat tentang kreativitas nasionalis kebangsaan.

Artinya budaya bangsa yang dimiliki, itu adalah pondasi untuk membangun bangsa. Maka dari itu meskipun berbeda budaya tatap harus bersatu.

“Kalau bisa saya katakan budaya itulah sesungguhnya yang membangun bangsa itu. Nah jadi Kaltara Rumah Kita itu adalah hakikat budaya bangsa. Bangsa apa, bangsa Indonesia yang beragam itu”, tutupnya.

 

Reporter : Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Pilkada Kaltara