Connect with us

Pilkada

YTP : Pemimpin Harus Tegas, Katakan Benar Jika Benar dan Katakan Salah Jika Salah

YTP saat hadir bersama warga Gn Seriang Kabupaten Bulungan. (Ft. Dok)

Newstara.com – TANJUNG SELOR – Keberagaman Suku, Agama dan Budaya di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), memang membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki jiwa damai, adil serta membangun demi terwujudnya Kaltara maju dan sejahtera, sehingga untuk mewujudkan tekad itu maka Dr. Yansen TP, M. Si (YTP) merasa terpanggil untuk maju mencalonkan diri dalam Pillkada Kaltara 2020, mendampingi Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum.

Namun, pasangan Zainal A. Paliwang dan Yansen TP (ZIYAP) maju untuk mencalonkan diri bukanlah tanpa alasan, karena kedua orang ini sudah bisa membuktikannya seperti Zainbal A. Paliwang selama menjabat dalam institusi Kors Kepolisian dan bertugas di puluhan satuan Polres dan Polda di berbagai daerah di Indonesia. Sementara, Yansen TP yang memulai karirnya di birokrasi Camat hingga mencapai jabatan Sekda atau jabatan puncak dalam Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga pensiun dan terpilih menjadi Bupati Kabupaten Malinau selama 2 periode.

YTP selama menjabat sebagai Bupati Malinau, banyak program kerja hingga kebijakannya yang pro kepada masyarakat khususnya pedesaan. Sehingga dalam program itu, muncullah program kerja ZIYAP ‘”Membangun Desa Menata Kota” yang saat ini menjadi jargon kuat paslon ZIYAP.

“Sebagai seorang pemimpin di Kaltara tentunya harus memiliki jiwa damai, adil dan membangun, karena dengan keragaman suku, agama, dan budaya masyarakat Kaltara harus tercipta kekokohan tekad agar semua keragaman menjadi persatuan yang kuat. Selain itu juga pemimpin harus memiliki jiwa adil, pemimpin harus bisa mewakili semua perbedaan yang ada dan tidak membeda-bedakan satu sama lainnya, sesuai dengan tagline ZIYAP Kaltara rumah kita, artinya apa, Kaltara adalah rumah kita semua, siapapun dan dari mana asalnya itu merupakan bagian dari masyarakat Kaltara,” tuturnya.

“Dan pemimpin juga harus memiliki kesadaran jiwa untuk membangun, baik infrastruktur, sumber alam hingga membangun sumber daya manusianya yang baik yang merupakan bagian terpenting dalam menjalankan roda pembangunan,” sambung YTP, saat mengelar silaturahmi kepada puluhan warga Gunung Seriang, Senin sore, (12/10/2020).

Zainal dan Yansen sepertinya paling siap untuk memimpin Kaltara, kerena secara nyata telah banyak memahami karakter dan sosiologi wilayah Kaltara. Karena pemimpin wajib memiliki pemahaman karakter dan sosiologi wilayah Kaltara dengan penuh kesadaran.

“Untuk itu saya dan Pak Zainal sudah memahami betul unsur itu, dimana saya sudah terapkan saat memimpin Malinau selama ini, begitu juga Pak Zainal yang sudah menerapkannya saat menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kaltara,” ucapnya.

“Terakhir Pemimpin harus lebih berani dan tegas mengambil sikap jika itu benar katakan benar dan jika salah katakan salah. Dengan demikian jika kami berdua dipercaya masyarakat untuk memimpin Kaltara maka akan kami buktikan semuanya,” tutup Yansen.

Reporter : Hendi Rustandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Pilkada