Connect with us

Pilkada Kaltara

Zainal-Yansen Perjuangkan Sinkronisasi Dan Daya Dukung Kabupaten/Kota

Newstara.com TANJUNG SELOR – Pemerataan Pembangunan Daerah ditanggapi secara baik oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara nomor urut 3, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum dan Dr. Yansen TP M.Si pada debat kandidat Pilgub Kaltara ke-3, Senin (30/11/2020).

Ditayangkan secara langsung televisi swasta nasional, paslon bertagline ZIYAP menerima berbagai pertanyaan salah satunya dari tim perumus yang terdiri dari akademisi dan masyarakat.

Zainal-Yansen yang berpengalaman dalam penegakkan hukum dan pemerintahan daerah kerap menguasai berbagai pertanyaan baik dari kedua paslon lainnya dan moderator.

Seperti pertanyaan dari moderator mengenai konektivitas dan pemerataan pembangunan daerah melalui peningkatan pelayanan infrastruktur dan pelabuhan di daerah, dalam rangka mengurangi ketimpangan pembangunan.

“Langkah strategis yang pertama adalah bersinergi dengan 4 Kabupaten dan 1 Kota dalam hal pembangunan daerah. Bila Zainal-Yansen dipercayakan memimpin Kaltara, setiap tahun akan memberikan dukungan keuangan kepada 4 Bupati dan 1 Walikota untuk melakukan pembangunan-pembangunan”, ungkap Zainal.

Sementara, kepala daerah yang meraih kategori nominasi teladan nasional, menilai pemerataan pembangunan Kaltara selama ini tidak berdampak ke rakyat.

“Yang kita lakukan selama ini selalu berpegang pada ketentuan dan aturan. Saya bukannya tidak mau dengan aturan, tapi kadang-kadang aturan ini tidak merata menangani persoalan di daerah. Katakanlah angkutan laut dan sungai itu berbeda, aspek strategis daerah dan karakter masyarakat pun berbeda oleh sebab itu kita harus segera sinkronisasi dengan Kabupaten/Kota yang selama ini jarang dan tidak dilakukan dengan baik”, tegas Yansen TP.

Lanjut Yansen menerangkan bahwa Kabupaten/Kota harus diberikan kepercayaan penuh mengelola pembangunan.

“Aspek ekonomi, aspek orang selama ini tidak berjalan dengan baik karena daya dukungnya tidak terkoordinasi dengan baik, katakanlah seperti dermaga di Kota Tarakan kita serahkanlah kepada Kabupaten/Kota karena merekalah yang paham dan mampu mengelola dengan baik”, tuntas pria penggagas Gerakan Desa Membangun.

Reporter : Kristianto Triwibowo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Pilkada Kaltara