Connect with us

Pilkada

Ini Dia 10 Besar Kandidat Terpopuler Versi Polling Newstara

Newstara.com TARAKAN – Polling Newstara yang sudah beredar di dunia maya sejak beberapa pekan terakhir ini, memunculkan nama-nama yang sebelumnya belum terlihat. Sebut saja, M. Yunus Abbas, Ahmad Kartadi, Asni Hafid dan lainnya. Namun, nama-nama kepala daerah pun tetap bertahan.

Polling Newstara mendapat pemilih hingga Selasa pagi, (15/10/2019) sudah mencapai Total Voters: 5,870 sehingga dapat dikatakan cukup berhasil menyita perhatian pengguna internet untuk update memilih pemimpin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2020-2025 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Komisari Newstara.com Nurhanifah, SE mengatakan hal tersebut sudah lumrah karena masyarakat menginginkan pemimpin yang dapat membawa kemajuan dan menciptakan iklim ekonomi yang stabil bahkan cenderung meningkat, sehingga tinggal menunggu laporan visi misi para kandidat.

“Saat ini media yang paling banyak pembacanya adalah media online, ini sudah lumrah karena hampir setiap orang dewasa atau pemilih sudah memiliki smartphone, hasil polling mereka di newstara adalah hasil polling yang saya katakan paling jujur, karena saat pemilih menekan tombol vote atau click vote polling di smartphone maka calon itulah yang di inginkannya sebenarnya, tanpa tekanan, tanpa faktor eksternal lainnya,” tuturnya saat dihubungi Newstara.com melalui selulernya pada Selasa pagi, (15/10/2019).

Sementara pendiri Newstara.com Yoko Handani menyebutkan bahwa polling newstara tidak seratus persen sempurna, karena ada kemungkinan-kemungkinan seperti pemilih polling orang luar Kaltara hingga orang yang tidak bisa memilih di TPS kelak.

“Memang tidak sempurna hingga 100 persen, namun dari data base internal kita bahwa saya melihat Ip Addres rata-rata milik Kaltara, hanya sebagian kecil dari Kaltim, Jakarta dan ada juga yang yang vote dari Malaysia, USAA dan beberapa negara lainnya, tapi persentase orang luar hanya kisaran 9 persen saja,” ucap Yoko Handani.

Terkait naik turun perolehan sementara nama-nama kandidat, seperti posisi Marthin Billa, Udin Hianggio, Jusuf SK dan beberapa nama lainnya. Sementara, perolehan suara petahana Irianto Lambrie masih tetap berada di posisi puncak dengan perolehan 14 persen atau sekitar 840 suara.

Lalu menyusul perolehan Marthin Billa yang tidak disangka-sangka berada di runner up 2 dengan 9 persen atau atau sekitar 547 suara. Dan H Udin Hianggio kejar-kejaran suara dengan Marthin Billa, berada di posisi ketiga dengan 9 persen atau sekitar 541 suara hanya selisih 6 suara saja.

Untuk posisi ke empat adalah Jusuf Serang Kasim (JSK) dengan perolehan sekitar 9 persen atau sekitar 511 suara, namun anehnya suara JSK dan puterinya dr Ary Yusnita justru ikut kejar-kejaran dan berada di posisi lima besar yakni sekitar 7 persen atau sekitar 412 suara.

“Kalau tidak salah, saya sempat memeriksa hasil polling beberapa hari lalu, suaranya ibu Ary Yusnita sempat menyaingi ayahandanya bapak JSK, tapi sekarang saya lihat ada selisih cukup besar dan pak JSK lebih unggul saat ini,” ujar Yoko Handani.

Sementara, posisi ke enam ada AhmadKartadi dengan perolehan suara 7 persen atau sekitar 407 suara. Ahmad Kartadi yang berada diposisi kelima perolehan suara terbanyak dalam pemilihan anggota DPD RI periode 2019-2024 ini sepertinya masih memiliki pendukung yang lumayan besar.

Lalu posisi ketujuh ada nama Drs. Undunsyah dengan perolehan 7 persen atau sekitar 389 suara, posisi ke delapan lagi-lagi muncul dari anggota DPD RI yakni Asni Hafid dengan perolehan 5 persen atau sekitar 311 suara, angka tersebut mampu menyalip suara ayahandanya dengan posisi ke sembilan yakni 4 persen atau sekitar 235 suara, dan posisi kesepuluh adalah M. Yunus Abbas dengan perolehan 4 persen atau sekitar 219 suara.

Hasil Polling sementara :

1. Irianto Lambrie (14%, 840 Votes)l
2. Marthin Billa (9%, 547 Votes)
3. Udin Hianggio (9%, 541 Votes)
4. Jusuf Serang Kasim (9%, 511 Votes)
5. Ary Yusnita (7%, 412 Votes)
6. Ahmad Kartadi (7%, 407 Votes)
7. Undunsyah (7%, 389 Votes)
8. Asni Hafid (5%, 311 Votes)
9. Abdul Hafid Achmad (4%, 235 Votes)
10. M. Yunus Abbas (4%, 219 Votes)

Untuk lebih lengkapnya dapat melihat hasil polling di website newstara.com

Reporter : Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada