Connect with us

Ekonomi

ISEI Kaltara Terbentuk, Gubernur BI Perry Warjiyo Katakan Prospek Ekonomi Perbatasan Sektor Perikanan Terbuka Lebar

Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sekaligus Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo melantik Ketua dan Pengurus ISEI Kalimantan Utara periode 2020-2023 di Kantor BI Kaltara di Kota Tarakan pada Jumat sore, (14/02/2020) (Ft. Dok ISEI Kaltara)

Newstara.com TARAKAN – Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sekaligus Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo melantik Ketua dan Pengurus ISEI Kalimantan Utara periode 2020-2023 di Kantor BI Kaltara di Kota Tarakan pada Jumat sore, (14/02/2020). Lahirnya ISEI Kaltara menandakan bahwa para sarjana-sarajana berkompeten akan membawa perubahan dan solusi dalam memecahkan persoalan perekonomian bangsa khususnya di Provinsi Kalimantan Utara.

Perry mengatakan Kalimantan Utara sebagai provinsi termuda sudah memiliki ISEI Kaltara yang di ketuai oleh Syaiful Anwar. Sehingga, Ketua dan Pengurus ISEI Kaltara harus mampu saling bersinergi dan berkontriusi bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kaltara.

“Harus kita memecahkan masalah dan berkontribusi sebagai upaya kita untuk mendorong perkembangan ekonomi di wilayah Kaltara,” tutur Perry saat memebrikan sambutan dihadapan ratusan tamu dan undangan.

Perry Warjiyo mengatakan ada sejumlah perubahan yang terjadi di berbagai daerah. Mulai dari ekonomi yang semakin hari kian melemah hingga industrialisasi yang cepat tumbuh dan berkembang, sehingga dalam menghadapinya maka ISEI berperan aktif melihat arah perubahan tersebut.

“Diharapkan mampu mencari solusi bagi perekonomian Indonesia untuk dapat bertahan dan tumbuh di Wilayah Kaltara, ISEI juga harus mendukung kebijakan dan program pemerintah serta bersinergi dengan Provinsi Kaltara,” tutur Perry.

“Setiap anggota ISEI tidak bisa hanya diam dengan konsep, namun harus turun langsung membangun sinergi dengan dunia usaha dan para pengambil keputusan di berbagai daerah, terutama penelitian-penelitian yang berkaitan dengan kemajuan Ekonomi, kita bisa memberikan sumbangsi pemikiran akademis, bersama dunia usaha, dan menjalankan dengan pengambil keputusan bersama,” ucapnya.

Menurutnya, ada sejumlah peluang ekonomi di wilayah Kalimantan Utara yang cukup prospek, dari sektor perikanan, perkebunan hingga digital. Seperti usaha pengembangan Rumput Laut, Perikanan Kepiting Udang, UMKM, hingga ekonomi digital yang menuntut setiap pelaku usaha untuk terus berinovasi.

“Kita harus ingat Kalimantan Utara terletak di wilayah Perbatasan yang akan menguntungkan kedepannya secara perkenomian, harapan kita maka akan lahir usaha yang berawal dari kaum Mileneal Kaltara. Berbagai usaha rintisan dapat menjadi pendorong ekonomi, UMKM, tentunya ekonomi digital, ujarnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Ekonomi