Connect with us

Covid-19

Pasutri Positif Covid-19 Tinggal di Karang Anyar, Dan 1 Lagi Positif Warga Sebengkok

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes menginformasikan terdapat penambahan 2 kasus konfirmasi positif. Mereka adalah COVID94, M (P) usia 60 tahun warga Kelurahan Karang Anyar RT. 26 dan COVID95, KSB (L) usia 45 tahun Kelurahan Sebengkok RT. 08, dimana informasinya keduanya adalah pelaku perjalanan dari luar daerah.

dr Devi mengatakan dengan penambahan 2 orang pasien positif, maka seluruh jumlah pasien Covid-19 sebanyak 95 orang dengan pasien sembuh sebanyak 88 orang, dan yang masih dirawat sebanyak 7 orang, sejak beberapa hari terakhir terus terjadi penambahan jumlah pasien dari pelaku perjalanan. Sehingga Kota Tarakan belum dapat dikatakan serangan gelombang kedua penyebaran pandemi Covid-19.

“Belum bisa dikatakan serangan gelombang kedua, karena rata-rata kasus terkonfirmasi adalah para pelaku perjalanan dan bnukan transmisi lokal,” ucapnya saat dihubungi Newstara.com pada Kamis pagi, (13/08/2020) melalui selulernya.

dr Devi juga mengkonfirmasi bahwa saat ini jumlah specimen yang menunggu hasil pemeriksaan sebanyak 172 sampel, jumlah kasus suspek yang dipantau sebanyak 4l orang, dimana kasus suspek dikategorikan sebagai orang yang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Alet (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

“Atau orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA dan 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable Covid-I9, dan orang dengan Ispa berat/Pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan,” tutur dr Devi.

Sementara, untuk jumlah seluruh kontak erat yang sedang dipantau saat ini sebanyak 81 orang, dan kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi Covid-I9 yang memiliki kontak dengan tatap muka atau berdekatan dengan kasus probable/kasus konfirmasi dalam radius 1 meter dan dalam jangka waktu l5 menit atau lebih telah bersentuhan fisik langsung dengan kasus probable / konfirmasi (bersalaman, berpegangan tangan, dll).

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement





More in Covid-19