Connect with us

Ekonomi

Zainal-Yansen Siapkan Generasi Produktif Untuk Industrialisasi Bangun Kaltara

Calon Wakil Gubernur Kaltara, Dr. Yansen TP, M.Si. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara periode 2021-2025, dengan tagline ZIYAP yakni Drs. H. Zainal A. Paliwang, M. Hum dan Dr. Yansen TP, M.Si menyiapkan kebijakan atau formula untuk kaum muda (Millenial), jika terpilih menjadi pemimpin di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Seperti, memberikan ruang mereka untuk berkreasi, berinovasi dan terlibat dalam pembangunan secara luas di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Cawagub Kaltara Yansen TP (YTP) mengatakan, industrialisasi anak muda mengarah kepada inovatif dan kreatif, baik pengembangan usaha kecil dan menangah (UKM) hingga pengembangan kemampuan diri, keterampilan untuk memasuki dunia usaha dan dunia kerja.

Bahkan, program untuk kaum millenial ini dapat dikolaborasikan dengan program ZIYAP lainnya seperti ‘Membangun Desa dan Menata Kota’, serta program anggaran pembangunan tiap-tiap RT yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

YTP mengatakan program anak muda itu akan bersinergi dengan RT di tempat tinggalnya masing-masing, misalkan anak-anak muda di desa memiliki program untuk pengembangbiakan ayam kampung, ayam bangkok, bebek, ikan air tawar seperti ikan Lele, ikan Gurame, Udang air tawar dan lainnya, dimana pengelompokannya dari sektor peternakan, pertanian dan perikanan. Selain itu, anak muda juga bisa memanfaatkan teknologi internet untuk pemasarannya, atau menjual hasilnya ke kota.

“Kalau kami terpilih, program kami ada untuk anak muda, mulai dari pengembangan peternakan, pertanian, perkebunan, hingga pengembangan teknologi. Nah, untuk kreatif dan inovatif disektor teknologi anak muda kita bisa kembangkan toko online, untuk hand made, bisnis sepatu dan pakaian, kue hingga aksesoris. Kita berikan ruang dan pelatihan melalui BLK, dan permodalan awal, tutur YTP kepada Newstara.com pada Selasa, (22/09/2020) melalui selulernya.

YTP mengatakan sebenarnya tidak perlu teori yang terlalu banyak, yang penting anak muda bisa berperan dalam pembangunan Kaltara, caranya seperti melibatkan mereka dalam usaha Kreatif anak muda, dan jika ZIYAP terpilih maka dapat difasilitasi. Karena Dunia Kreatif adalah dunia Melinial/anak muda, sekalipun mereka sudah bekerja atau memiliki pekerjaan tetap, namun karena kretifitas bisa saja mereka berkreasi mempunyai pekerjaan atau usaha sampingan.

“Dan sewajarnya kaum Melinial atau generasi muda kita persiapkan dari sekarang untuk berkreasi dan mapan, maka saatnya akan lahir generasi yang handal sebagai generasi penerus, jika mereka sukses dan mapan hari ini, maka kita pun ikut senang. Jadi ZIYAP hadir untuk memajukan Kaltara,” tutur YTP.

Sekedar informasi, Paslon ZIYAP menilai bantuan permodalan kaum milenial, dari porsi APBD masih cukup baik dan layak untuk pengembangan yang benar-benar bermuara pada ekonomi kerakyatan, pasalnya selama ini porsi anggaran Pendidikan, Olahraga, Pengembangan Pariwisata hingga UMK/UMKM dan Kesekretariatan yang tidak berimbang.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newstara TV+ Newstara TV

Orang Baik, Eko Pristiawan Dimata Ibu Gubernur Dan Team Work Newstara TV

“Menjadi Orang Baik Itu Tidak Gampang, Banyak Tantangan Dan Pengorbanan, Tapi Itulah Indahnya Berjalan...

Featured Video Play Icon
Featured Video Play Icon

Ucapan Ramadhan Dari Ketua DPRD Kaltara, Ibu Norhayati Andris

Tidak terasa Ramadan telah tiba dan semoga pada bulan Ramadan kali ini, semua kita...

Kontroversi, Penghargaan Irianto Menuai Polemik Di Nunukan

Newstara.com NUNUKAN – Penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan video singkat...

(LIVE) OBRASS TAYANG ULANG NTV

(OBRASS TAYANG ULANG) Narasumber : 1. Ibu Ari Yusnita (Cawabup Bulungan) 2. Bpk. dr....

Advertisement


More in Ekonomi